Friday, February 5, 2016

Mencegah Penyakit Paru-paru dengan Penyikatan Gigi Teratur

Menyikat gigi secara teratur, dapat mencegah berbagai macam penyakit. Mulai dari periodontitis atau peradangan jaringan pendukung gigi sampai penyakit jantung koroner. Salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan kebiasaan rutin yang akan dibahas disini adalah penyakit paru-paru.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Periodontology menyatakan, kesehatan jaringan periodontal, yang didapat dari kebiasaan menyikat gigi secara teratur, berperan untuk mendapatkan sistem pernapasan yang sehat.


Pada penelitian tersebut dijelaskan bahwa, penyakit periodontal dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi pernapasan, diantaranya penyakit paru-paru kronis (Chronic Obstructive Pulmonary Disease/COPD) dan radang paru-paru (pneumonia).


Studi mengenai hubungan kesehatan gigi dengan penyakit paru-paru ini dilaksanakan dengan melibatkan 200 relawan yang berusia antara 20 hingga 60 tahun. Setengah dari relawan adalah pasien yang dirawat karena penyakit pernapasan, seperti pneumonia, COPD, atau bronkitis akut. Setengah relawan lainnya adalah orang-orang sehat tanpa sejarah penyakit pernapasan, sebagai pembandingnya.


Hasil penelitian menunjukkan pasien dengan penyakit pernapasan memiliki kesehatan periodontal yang lebih buruk daripada relawan yang sehat.


Hal ini dapat menjadi petunjuk awal hubungan antara penyakit pernapasan dengan penyakit periodontal, yang membuat para peneliti menduga keberadaan patogen di mulut yang berhubungan dengan penyakit periodontal, kemungkinan meningkatkan risiko perkembangan penyakit pernapasan.


Namun, para peneliti menegaskan perlunya penelitian lebih lanjut untuk memahami kaitan ini.


Penyakit paru-paru dapat sangat melumpuhkan dan melemahkan. Melalui kerjasama dengan dokter gigi atau periodontis (Dokter Gigi Spesialis Periodonsia), Anda bisa mencegah atau menghentikan perkembangan penyakit seperti pneumonia atau COPD," kata Donald S. Clem, presiden American Academy of Periodontology.


Clem juga menjelaskan kalau studi ini memberikan contoh lain tentang peranan kesehatan periodontal dalam menjaga sistem lain di dalam tubuh.


Clem menekankan pentingnya perawatan mulut dengan rutin untuk membantu pencegahan penyakit periodontal. Penyakit periodontal meliputi penyakit radang kronis yang memengaruhi jaringan gusi dan struktur lain yang menyokong gigi.


"Untuk merawat kesehatan periodontal Anda dengan baik, perlu sikat gigi tiap hari. Anda seharusnya juga melakukan pemeriksaan menyeluruh setiap tahun," ujar Clem.


Jadi jangan hanya menyikat gigi secara teratur aja, tapi pergi juga secara teratur ke dokter gigi untuk mengontrol kesehatan gigi dan mulut kamu.


@February 06, 2016 at 03:58AM by Comments on author: isi cepot

No comments:

Post a Comment